Perang Dagang Jilid II AS-China Panas, Xi Jinping Lakukan Ini Leave a comment

Perang Dagang Jilid II AS-China Panas, Xi Jinping Lakukan Ini

China mengisyaratkan akan menanggapi langkah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk mengendalikan investasi AS pada teknologi canggih negara itu. Hal ini dilakukan dikala hubungan kedua adidaya Pasifik itu memanas.

Juru bicara Kementerian Perdagangan China Shu Jueting mengaku sudah bersua dengan para pengusaha untuk memahami akibat perintah tersebut. Pihaknya menyebut akan menjalankan pengevaluasian akibat secara komprehensif sebelum mengambil perbuatan lanjutan.

Atas dasar itu, kami menjalankan pengevaluasian Judi Online komprehensif terhadap akibat perintah eksekutif, dan akan mengambil perbuatan pencegahan yang diperlukan menurut hasil pengevaluasian tersebut,” kata Shu.

Ketika ditanya tentang agenda Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo untuk mengunjungi China, Shu menolak untuk mengkonfirmasi waktu. Tetapi ia mengatakan kedua negara konsisten menjalin komunikasi yang erat.

Presiden AS Joe Biden minggu lalu menandatangani perintah eksekutif yang bertujuan mengendalikan investasi AS ke semikonduktor China, komputasi kuantum, dan perusahaan kecerdasan buatan. Biden beralasan langkah ini berhubungan dilema keamanan nasional.

Departemen Keuangan AS sebagian besar bertanggung jawab untuk implementasi kebijakan itu. Ketika ini, institusi itu sedang mengumpulkan komentar publik untuk menyusun rancangan regulasi.

Hubungan antara AS dan China memanas sesudah pendahulu Biden, Donald Trump, melancarkan perang dagang dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu. Trump menjatuhkan biaya yang tinggi terhadap barang asal China dengan Daftar Sbobet alasan untuk melindungi produk AS.

Mulanya diharapkan Biden akan lebih melunak dengan China. Tetapi terbukti Biden juga memiliki pandangan yang negatif terhadap Beijing mengenai sebagian hal seperti Xinjiang dan penyerangan organisator demokrasi Hong Kong. Malahan, Biden pernah menyebut Presiden China Xi Jinping sebagai seorang “brandal”.

Selain itu, hubungan keduanya juga memanas berhubungan Taiwan. Biden pernah menegaskan janjinya untuk membela pulau itu seandainya China datang menyerang. Diketahui, Beijing senantiasa menegaskan klaim bahwa pulau yang memiliki pemerintahan sendiri tiu adalah bagian integral dari kedaulatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SHOPPING CART

close